-->

Patilasan Penyebaran Islam di Desa Kawali

Posted by NURDANI on Thursday, October 4, 2018

Kawali, sebuah tempat dengan nama yang melegenda. Kawali pernah tercatat sebagai Pusat pemerintahan kerajaan Galuh sejak tahun 1333 M sampai dengan 1482 M. Nama Kawali disebut pada dua buah prasasti batu peninggalan Prabu Niskala Wastukancana yang tersimpan di situs Astana Gede Kawali. Prasasti tersebut menyebut dan “nu ngeusi bhagya Kawali” (yang mengisi Kawali dengan kebahagiaan).
Dalam sejarahnya, Kawali telah melahirkan raja-raja besar yang memerintah tatar Sunda-Galuh. Mereka diantaranya, Prabu Lingga Buana (Prabu Wangi), Niskala Wastu Kencana (Prabu Wangisutah) dan Prabu Jaya Dewata (Sribaduga Maharaja atau Prabu Siliwangi).
Pada tahun 1482 masehi, Jaya Dewata dinobatkan sebagai Raja Galuh di karaton Surawisesa Kawali sebagai purasaba (pusat kota) kerajaan Galuh. Pada tahun yang sama, Jayadewata di Purasaba Pakuan dinobatkan sebagai Raja Sunda menggantikan pamannya sekaligus mertua, yaitu Prabu Susuk Tunggal.
Setelah menyandang jabatan Raja dari dua kerajaan besar –Galuh dan Sunda, Prabu Jaya Dewata (Sribaduga Maharaja/Prabu Siliwangi) memilih menetap di Pakuan. Dengan begitu Pakuan menjadi Purasaba Sunda-Galuh dan kemudian berganti nama menjadi Pakuan Pajajaran.
Setelah Prabu Jaya Dewata/ Prabu Siliwangi memindahkan pusat kekuasaanya ke Pakuan, Kerajaan Galuh di Kawali hanya menjadi sebuah kandaga lante (kerajaan bawahan).
Kawali kemudian diperintah oleh Sang Ningratwangi pada tahun 1482 – 1507 M. Setelah Ningratwangi wafat, kemudian diteruskan putranya Prabu Jayaningrat pada tahun 1507 – 1529 M.

Situs Penyebar Islam di Kawali 

Ketika tahun 1529 M Kerajaan Galuh ( Kawali ) tunduk pada kesultanan Cirebon. Syarif Hidayatullah (Sunan Gunung Jati) menempatkan Dalem Dungkut (1529 – 1575 M), anak Prabu Langlang Buana (Raja Kuningan), menggantikan Prabu Jayaningrat (penguasa terakhir Kerajaan Galuh Kawali) untuk memerintah dan menyebarkan Agama Islam di Kawali.
Pada masa inilah menjadi permulaan masuknya Islam di daerah Galuh-Kawali.

a. Patilasan Mas Palembang 

Setelah Dalem Dungkut wafat, Pangeran Bangsit atau Mas Palembang ( 1575 – 1592 M ) melanjutkan pemerintahan serta meluaskan ajaran agama Islam di daerah Kawali.
Pangeran Bangsit adalah putra Dalem Dungkut. Pangeran Bangsit wafat pada tahun 1592 M dan dimakamkan disebuah tempat yang kini dikenal dengan situs Makam Keramat Mas Palembang. Selanjutnya pemerintahan dan penyebaran agama Islam dilakukan oleh Pangeran Mahadikusumah atau dikenal dengan gelar Maharaja Kawali pada tahun 1592 – 1643 M.
Pangeran Mahadikusumah adalah putera Pangeran Bangsit cucu dari Dalem Dungkut. Beliau adalah salah satu ulama yang dipercaya Kesultanan Cirebon. Pada masa ini, dari Kawali Islam kemudian menyebar ke daerah sekitar lainnya.

b. Patilasan Astana Gede 

Kawali dibawah kekuasaan Kesultanan Cirebon dan penyebaran agama Islam, memberikan perubahan cukup besar pada Kondisi dan situasi wilayah serta penduduk Kawali. Seperti halnya keberadaan situs Linggahyang (Astana Gede Kawali), pada mulanya merupakan situs dengan Prasasti peninggalan Kerajaan Galuh pada masa Prabu Niskala Wastu Kancana, kemudian berbaur dengan makam para penyebar Agama Islam di Kawali.
Ada 11 buah makam di, situs Astana Gede. Yang pertama adalah Makam Pangeran Usman. Makam ini panjangnya 2,93 m. Pangeran Usman adalah keturunan Sultan Cirebon, menantu Maharaja Kawali (Pangeran Mahadikusumah), yang memerintah Kawali tahun 1592-1643 M.
Pangeran Usman adalah salah seorang penyebar Islam di daerah Kawali. Makam lainnya adalah Makam Adipati Singacala, terletak di bagian atas punden berundak.
Dalem Adipati Singacala menjadi Bupati Kawali pada tahun 1643- 1718 M, Ia juga salah satu tokoh penyebar Islam di Kawali. Adipati Singacala adalah cicit Pangeran Bangsit atau Mas Palembang (ayah Maharaja Kawali). Ia menikahi Nyi Anjungsari, putri Pangeran Usman. Nyi Anjungsari pun dimakamkan di Situs Astana Gede.
Setelah Adipati Singacala wafat pada tahun 1718 M, pemerintahan dan penyebaran Islam kemudian dilanjutkan oleh Dalem Satia Meta / Darma Wulan pada tahun 1718 – 1745 M. Ia adalah anak dari Adipati Singacala.
Dalem Satia Meta / Darma Wulan dimakamkan di Astana Gede, berdekatan dengan makam adiknya yaitu Baya Nagasari. Serta masih ada beberapa makam lain yang dianggap keramat diantaranya makam Cakra Kusumah (seorang guru mengaji pada zaman Adipati Singacala), Eyang Sancang (salah seorang pengawal dan penjaga keamanan kabupatian Kawali).
Di samping itu, ada 3 makam Kuncen Astana Gede (Angga Direja, Yuda Praja, Sacapraja), dan makam Surya Wiradikusumah.

c. Patilasan Selapajang 

Selepas masa Dalem Satia Meta / Darma Wulan ( 1718 – 1745 M ), pemerintahan dan penyebaran Islam di Kawali kemudian dilanjutkan oleh Rd. Adipati Mangkupraja I ( 1745 – 1772 M ). Adipati Mangkupraja I wafat dan dimakamkan di Selapajang.

d. Patilasan Gunung Indrayasa 

Kemudian dilanjutkan Rd. Adipati Mangkupraja II (1772 – 1801 M) dan Rd. Adipati Mangkuparaja III (1801 – 1810 M) dan diteruskan oleh Suradipraja I dan Suradipraja II. Mereka kemudian dimakamkan di Gunung Indrayasa.
Disamping itu, terdapat pula beberapa tokoh yang dianggap berpengaruh pada masanya.
Diantaranya Eyang Sacapada, Eyang Mas Bagus dan Eyang Japar Sidik.

e. Patilasan Pasarean 

Eyang Sacapada diyakini sebagai salah satu penyebar islam di Kawali. Eyang Sacapada dimakamkan di sebuah kawasan yang dinyatakan sebagai kawasan ekosistem esensial atau kawasan Perlindungan Setempat, dikenal dengan Situs Makam Keramat Pasarean, berdampingan dengan istrinya yaitu Ibu Andayasari.
Situs Makam Keramat Pasarean terletak di dusun Banjarwaru desa Kawali dengan luas kawasan mencapai 1,10 Ha.

f. Patilasan Gandok 

Sementara, tak jauh dari kawasan Situs Makam Keramat Pasarean, tepatnya di sebuah lingkungan yang disebut Gandok, terdapat sebuah makam keramat.
Di situs makam keramat ini disemayamkan salah satu tokoh yang dianggap paling muda dari tokoh-tokoh lainnya. Beliau dikenal dengan panggilan Eyang Mas Bagus.
Meskipun dikenal termuda diantara tokoh-tokoh penyebar Islam sezaman dengan Eyang Sacapada, Eyang Mas Bagus juga diyakini memiliki pengaruh yang sama dengan yang lain.

g. Patilasan Japar Sidik 

Diantara makam keramat yang ada di Desa Kawali, satu lagi yang dianggap berpengaruh pada zamannya adalah Situs Makam Keramat Japar Sidik.
Di makam yang letaknya dipinggir jalan raya yang mengabadikan namanya, dipusarakan salah satu tokoh yang sezaman dengan Eyang Sacapada dan juga Eyang Mas Bagus. Ia dikenal dengan nama Eyang Japar Sidik.
Menurut riwayat, Eyang Japar Sidik adalah salah seorang Penyebar Islam dengan mendirikan sebuah surau sebagai tempat belajar mengaji dan kanuragan anak-anak Kawali pada masa itu.

Previous
« Prev Post

Related Posts

7:14:00 AM

0 komentar:

Post a Comment